Rahasia Membuat Pamor Keris Blarak Sineret

Kamis, 17 Oktober 20130 comments

Saat anda browsing dengan key word "Pamor Keris" dan anda cari pamor keris dan tuahnya tentang pamor Blarak Ngirid/Blarak Sineret/Blarak Sinered akan anda dapatkan informasi tentang tuah Blarak Sineret, "tuah utamanya menambah kewibawaan dan juga baik untuk pergaulan karena disayang orang sekelilingnya, baik pihak atasan atau bawahan" dan banyak lagi informasi tentang Pamor Keris.

Namun pada posting kali ini tidak akan saya bahas tentang hal tersebut, melainkan tentang teknik pembuatan pamor blarak sineret.

Seperti kita ketahui, jika dilihat dari teknik pembuatan pamor keris dapat dikelompokkan menjadi pamor mlumah, pamor miring, dan pamor puntiran. 

Dan kalaupun toh saya menulis ini bukan berarti saya mengerti benar tentang hal tersebut, melainkan berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari seorang teman yang baru saja ketemu dengan seorang mantan panjak keris (pembantu empu keris), dan bersedia menceritakan pengalamannya.

Intinya, kalau teknik pembuatan pamor banyu mili, ngulit semangka.... menurut mantan panjak keris ini, relatif lebih mudah karena teknik pembuatannya dapat dikelompokkan pada teknik pembuatan pamor mlumah....hanya melipat berkali-kali besi dan bahan pamor yang telah di masukkan didalam lipatannya bahan pamor keris. 

Yang lebih sulit dari pamor semacam  banyu mili, ngulit semangka adalah teknik pembuatan pamor sodo lanang, pancuran mas dan tejo kinurung karena menggunakan tekknik pamor miring. Setelah bahan pamor dimasukkan dan dilipat beberapa kali, dilakukan penempaan pada bagian miring, sehingga andai kata kita punya kekuatan untuk melipat keris seperti melipat tanah liat, maka akan dapat kita belah menjadi dua bagian keris memanjang dari bagian ujung (atas) keris dan bagian sor soran (bawah) keris. 

Nah, kalau ingin membuat pamor blarak sineret, setelah apa yang dilakukan dua jenis teknik pembuatan keris diatas, bagian yang miring ini ditempa lagi sehingga muncul pamor blarak sineret.

Intinya, untuk membuat pamor blarak sineret, tingkat kesulitan pengerjaannya relatih lebih rumit dan memerlukan waktu yang panjang.

Hal inilah mengapa, keris pamor blarak sineret, meskipun itu sama sekali baru jika kita memesan akan mahal, karena dengan sendirinya jika dilihat tetang kesulitan tingkat pengerjaannya, dan sering kali kita lihat mahar pamor 2 kali lipat atau lebih jika dibandingkan pamor umum lainnya.

Semoga, sekelumit  cerita ini dapat menambah wacana kita tetang keris, jika anda ada kekurangan dalam penulisan ini dan mungkin juga apa yang saya dapat tidak sama dengan pengalaman orang-orang terjun langsung dalam pembuatan keris, dapat menambahkan/melengkapi tulisan pada kolom komentar.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pamor Keris - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger